pengertian klasifikasi
produk baru
klasifikasi produk baru adalah suatu kegiatan yang berfungsi
untuk mendapatkan kelompok produk/ barang yang sejenis untuk mendapatkan
keuntungan di pasar.
pembagian klasifikasi produk
a.)
berdasarkan wujudnya:
1. barang
merupakan produk yang berwujud fisik, yang dapat dilihat, dipegang,dll.
2. jasa adalah
aktivitas, manfaat yang ditawarkan kepada konsumen. contohnya: bengkel motor
b.)
berdasarkan daya tahan:
1. barang tidak tahan lama (nondurable
good) adalah produk/ barang yang tidak dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
2. barang tahan lama (durable good)
adalah produk/ batang yang dapat digunakan pada jangka waktu yang lama
(tahunan).
c.)
berdasarkan tujuan pemakaian:
1. barang konsumsi adalah produk/ barang
yang dapat dikonsumsi secara langsung tanpa proses lebih lanjut untuk mendapatkan
manfaat dari produk tersebut.
2. barang industri adalah produk/ barang
yang memerlukan proses lebih lanjut untuk mendapatkan manfaat.
Tingkatan produk
1. manfaat dari produk/ barang yang
ditawarkan kepada konsumen.
2. bentuk dasar dari produk yang dapat
dirasakan oleh panca indera.
3. serangkaian atribut-atribut produk
kondusi yang diharapkan pebeli pada saat membeli.
4. sesuatu yang membedakan antara produk
yang ditawarkan dengan produk pesaing.
5. argumentasi/ pendapat dan perubahan
bentuk yang dialami produk di masa mendatang.
0 komentar:
Posting Komentar